Berita Detil

 
Harian Haluan • Kota Padang09 Desember 2015 - 02:56 WIB
Padang Raih Penghargaan Menteri
Padang Raih Penghargaan Menteri

Reporter : - • Editor : Operator

A+AAA-
 

Kota Padang ditetapkan sebagai kota yang menerima anugerah Peduli Pen­didi­kan dari Menteri Pen­didi­kan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan.

Kepala Dinas Pen­didi­kan KotaPadang Habibul Fuadi menguraikan, peng­har­gaan ini merupakan peng­hargaan tertinggi yang diberikan pada kabupaten/kota yang peduli serta ber­pihak pada program pro rakyat, melalui anggaran  pendidikan. Secara khusus Walikota Padang dijad­wal­kan akan menerima peng­hargaan ini pada Jumat, 11 Desember 2015 mendatang di Jakarta.

“Suratnya sudah sampai kepada kita.  Nanti peng­hargaan tersebut akan dite­rima langsung pada Wa­likota Padang, Bapak Mah­yeldi,” kata Habibul.

Menurut dia, ada be­berapa indikator yang mem­buat Kota Padang di­beri anugerah Peduli Pen­didikan ini, yakni anggaran pendidikan yang cukup be­sar dan mencapai 18 persen. Dengan anggaran tersebut, Padang mampu menye­leng­ga­rakan program sekolah gratis pada semua warganya. Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat, se­hingga tak ada lagi orangtua yang menangis pada tahun ajaran baru, karena mereka sudah dibebaskan dari biaya pembangunan serta  SPP yang cukup besar.

“Karena kita mem­pu­nyai komitmen yang kuat menjalankan program seko­lah gratis, makanya menteri memberi apresiasi. Kita dinilai sebagai  kota yang ikut menyukseskan program wajib belajar 12 tahun dari pemerintah pusat,” terang dia lagi.

Program sekolah gratis, kata dia, dirumuskan de­ngan kajian yang jelas dan terukur. Bahkan program unggulan walikota ini, te­rang dia sudah memiliki payung hukum yang kuat karena masuk dalam Ren­cana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Padang. Dan sampai seka­rang, terang dia, Pemko Padang serius men­jalan­kanya.

Habibul mencon­toh­kan, sejak anggaran peru­bahan tahun 2014, Padang telah menganggarkan dana BOSDA (Dana Opera­sio­nal Sekolah Daerah). Dana ini digunakan untuk me­ngakomodir berbagai ke­butuhan di bidang pen­didi­kan yang tak tertampung dengan dana BOS dari pu­sat.

Dan pada tahun 2015 ini, Kota Padang memiliki dana BOSDA senilai Rp64 miliar. Dana itu digunakan untuk membiayai pegawai honor yang bekerja di se­kolah senilai Rp 17 miliar, gaji guru honor senilai Rp 30 miliar, biaya operasional SMA/SMK senilai Rp7 mi­liar, kegiatan peningkatan mutu guru senilai Rp8 mi­liar dan dana ekstra­ku­ri­kuler senilai Rp2 miliar. Dan di tahun 2016 nanti, terang Habibul, anggaran yang sama juga akan me­warnai APBD Kota Padang.

“Perhatian yang sangat besar untuk memajukan di bidang pendidikan inilah yang mendorong menteri menganugerahi kita peng­hargaan Peduli Pendidikan ini,” tukasnya.

Dan sampai saat ini, terang dia, program sekolah gratis ini juga mendapat apresiasi besar dari semua lapisan masyarakat. Teru­tama bagi masyarakat tak mampu. Para oangtua tak lagi diberi beban yang berat. Dan program ini juga me­nepis perlakuan  tak adil pada siswa miskin, karena siswa diperlakukan sama, yakni sama-sama berse­ko­lah dan digratiskan pe­me­rintah.

“Alhamdulillah, pen­didikan gratis sudah dinik­mati masyarakat terutama, warga yang kurang mampu. Mereka tidak lagi me­mi­kirkan bayaran bulanan dan uang pembangunan yang biasanya terasa sangat mem­beratkan,” imbuhnya.

UN 2016 Dua Kali

Di tahun 2016 men­datang Ujian Nasional (UN)  diselenggarakan dua kali. UN reguler dan UN perbaikan bagi siswa yang lulus di tahun 2015 tetapi nilai tidak mencukupi un­tuk masuk ke perguruan tinggi yang dinginkan.

Kepala Dinas Pen­didi­kan Kota Padang Habibul Fuadi, Selasa (8/12), men­jelaskan UN reguler dilak­sanakan pada April. Se­dangkan UN perbaikan di­lak­sanakan pada Februari.

“Sekarang sosialisasi dari provinsi dan akhir De­sember peserta UN sudah pasti jumlahnya,” ucap Ha­bibul Fuadi.

Ia menambahkan, UN perbaikan untuk siswa yang ingin memperbaiki nilainya. Karena ada kalanya siswa tidak puas dengan hasil UN yang diperoleh di tahun lalu.

“Ini kesempatan bagi siswa yang ingin mem­per­baiki nilainya. Kalau ingin masuk ke perguruan tinggi tertentu,” katanya. (h/ows)

Berita Lainnya
 
 

Komentar Anda

Pimpinan
Agenda

Jum'at, 08 April 2016

  • • 
    Launching Website Resmi DIPENDA Kota Padang

Agenda Kegiatan Lainnya

Aplikasi
Pembayaran

Pembayaran Pajak Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Padang dapat melalui bank-bank berikut ini :

Pengunjung
  •   58310 Hits
  •   9685 Visitors
  •   1 Online
Media Sosial

Informasi Terbaru

Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014...

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Pad...

baca...
Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014
tutup

30 September 2014 - 08:07 WIB

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang dalam rangka memperkenalkan pajak sejak usia dini kepada generasi muda. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan diharapkan menjadikan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Padanguntuk memotivasi generasi muda berperan aktif didalam pembangunan dari sektor pajak khususnya pajak daerah.

Pemko Luncurkan Pajak Online...

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak d...

baca...
Pemko Luncurkan Pajak Online
tutup

10 Februari 2014 - 08:06 WIB

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak dengan sistem online. Wajib pajak cukup datang ke bank atau ke kantor pelayanan pajak online di DPKA Balai Kota Padang dan langsung menyetorkan pajaknya kepada petugas.

Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan...

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperi...

baca...
Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan
tutup

01 Januari 2014 - 08:04 WIB

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan, menjual barang yang telah disita.

Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha ...

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Ke...

baca...
Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha Kecil PPN Tahun 2014
tutup

01 Januari 2014 - 08:00 WIB

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Secara Jabatan atas Pengusa Kecil Pajak Pertambahan Nilai Tahun 2014, diumumkan kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT T...

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun paj...

baca...
Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi
tutup

01 Januari 2014 - 07:54 WIB

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun pajak 2013 yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, Direktorat Jenderal Pajak tetap membuka pelayanan penyampaian SPT Tahunan melalui Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, khususnya pada tanggal 31 Maret 2014.

Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pa...

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Paja...

baca...
Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pajak
tutup

01 Januari 2014 - 07:46 WIB

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak mengenai adanya seseorang yang mengaku/ mengatasnamakan/ diperintahkan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana/ para pejabat di lingkungan Bagian Organisasi dan Tatalaksana untuk meminta sumbangan atau dana terkait dengan penyelenggaraan seminar perpajakan, dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR dan mohon untuk diabaikan karena berindikasi PENIPUAN.

Hotel

#1 Rocky Plaza Hotel Padang

Untuk kategori pembayaran pajak hotel tertinggi kota padang bulan Desember 2015.

Selengkapnya
Restoran

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak restoran tertinggi kota padang belum di set.

Hiburan

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak hiburan tertinggi kota padang belum di set.