Berita Detil

 
Harian Haluan • Kota Padang08 Desember 2015 - 03:06 WIB
Padang Optimistis Mampu Swasembada Pangan
Lahan Pertanian Menyusut
Padang Optimistis Mampu Swasembada Pangan

Reporter : - • Editor : Operator

A+AAA-
 

Walikota Padang Mah­yeldi Ansharullah, Senin (7/12) di Kampung Jambak RT 02 RW 02 Kelurahan Batipuh Panjang, Koto Ta­ngah, mengatakan, perkem­bangan produksi padi di Kota Padang empat tahun terakhir mengalami pening­katan.

Tahun 2011, produksi padi 74.566 ton, sedangkan tahun 2012 produksi padi 78.699 ton (peningkatan 5 persen). Tahun 2013 pro­duksi padi menjadi 86.584 ton (peningkatan 10 per­sen).

“Pada tahun 2014 pro­duksi padi juga meningkat, tetapi persennya menurun menjadi 4,02 persen dan 90.063 ton,” ucap Mahyeldi.

Ia menambahkan, pe­ning­katan produksi padi tersebut disebabkan karena beberapa program dan ke­giatan telah diluncurkan oleh pemerintah seperti perbaikan jaringan irigasi tersier, distribusi bibit, dis­tribusi pupuk, penyuluhan dan pengadaan alat mesin pertanian.

Dalam rangka pen­ca­paian target swasembada pangan nasional dalam ku­run waktu tiga tahun, TNI AD beserta jajarannya di daerah korem dan kodim telah ikut mengawal ke­giatan di lapangan.

Upsus untuk pen­capaian swasembada pangan na­sional tahun 2017, telah diluncurkan beberapa prog­ram, seperti Pengembangan Optimalisasi Lahan (POL) seluas 2.000 Ha untuk 86 kelompok tani.

Juga rehabilitasi jaringan irigasi 1.320 Ha untuk 17 kelompok tani, dan bantuan alat mesin pertanian seperti hand traktor 25 unit, mesin pompa air 13 unit. Rice Transplanter (alat tanam) 4 unit.

“Kegiatan perbaikan ja­ringan irigasi dan POL bertujuan untuk pencapaian targte produksi padi Kota Padang tahun 2015 sebesar 86,784 ton dan tahun 2016 sebesar 87.691 ton dan tahun 2017 sebesar 88.609 ton. Target berat bagi peme­rintah untuk mewujud­kan­nya, karena banyak perso­alan yang harus diselesaikan di sektor pertanian. Perso­alan utama yaitu areal per­tanian yang semakin me­nyusut dikarenakan terjadi alih fungsi lahan pertanian,” kata Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Besli menyebutkan untuk produksi padi ditargetkan pada 2017 sebanyak 3 juta ton gabah. Untuk men­ca­paian swasembada pangan, perlu dilakukan langkah-langkah.

“Jadi melalui program pemerintah kita telah mem­berikan bantuan-bantuan sarana produksi berupa bibit, pupuk dan sarana alsintan serta sarana pasca panen untuk mendukung panen. Harapan kita ten­tunya, dengan sinergi dan dukungan bersama-sama nantinya, sasaran produksi pada 2017 nanti akan terca­pai dengan baik,” katanya.

Danrem 032 Wirabraja, Bakti Agus F di sela ke­giatan mengatakan, pena­naman padi secara serempak ini, dilaksanakan di seluruh wilayah kabupaten/kota di Sumbar. Dalam hal ini, seluruh Kodim bekerja sa­ma dengan pemerintah ka­bu­paten/kota melaks­ana­kannya di berbagai areal kelompok tani.

“Kita mengingin­kan, kegiatan tersebut juga dapat mengejar target panen padi untuk bisa memenuhi ke­butuhan pada Januari dan Februari mendatang. Itu yang kita ancang-ancang, sehingga secepat mungkin kita harus menanam dengan serentak. Kalau sekarang kita tanam, diperkirakan pada Februari paling lama kita sudah memiliki stok beras yang cukup,” terang Bakti Agus.

Kemudian, terkait swa­sembada pangan, Bakti Agus menyebut, upaya ini merupakan program pe­merintah pada pencanangan tiga tahun pada 2014 lalu.

“Sehingga pada 2017, kita semuanya sudah swa­sembada pangan. Tahun ini kita sudah ada kelebihan, namun harus ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.(h/ows)

Berita Lainnya
 

Komentar Anda

Pimpinan
Agenda

Jum'at, 08 April 2016

  • • 
    Launching Website Resmi DIPENDA Kota Padang

Agenda Kegiatan Lainnya

Aplikasi
Pembayaran

Pembayaran Pajak Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Padang dapat melalui bank-bank berikut ini :

Pengunjung
  •   58311 Hits
  •   9685 Visitors
  •   1 Online
Media Sosial

Informasi Terbaru

Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014...

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Pad...

baca...
Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014
tutup

30 September 2014 - 08:07 WIB

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang dalam rangka memperkenalkan pajak sejak usia dini kepada generasi muda. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan diharapkan menjadikan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Padanguntuk memotivasi generasi muda berperan aktif didalam pembangunan dari sektor pajak khususnya pajak daerah.

Pemko Luncurkan Pajak Online...

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak d...

baca...
Pemko Luncurkan Pajak Online
tutup

10 Februari 2014 - 08:06 WIB

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak dengan sistem online. Wajib pajak cukup datang ke bank atau ke kantor pelayanan pajak online di DPKA Balai Kota Padang dan langsung menyetorkan pajaknya kepada petugas.

Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan...

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperi...

baca...
Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan
tutup

01 Januari 2014 - 08:04 WIB

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan, menjual barang yang telah disita.

Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha ...

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Ke...

baca...
Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha Kecil PPN Tahun 2014
tutup

01 Januari 2014 - 08:00 WIB

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Secara Jabatan atas Pengusa Kecil Pajak Pertambahan Nilai Tahun 2014, diumumkan kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT T...

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun paj...

baca...
Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi
tutup

01 Januari 2014 - 07:54 WIB

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun pajak 2013 yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, Direktorat Jenderal Pajak tetap membuka pelayanan penyampaian SPT Tahunan melalui Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, khususnya pada tanggal 31 Maret 2014.

Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pa...

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Paja...

baca...
Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pajak
tutup

01 Januari 2014 - 07:46 WIB

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak mengenai adanya seseorang yang mengaku/ mengatasnamakan/ diperintahkan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana/ para pejabat di lingkungan Bagian Organisasi dan Tatalaksana untuk meminta sumbangan atau dana terkait dengan penyelenggaraan seminar perpajakan, dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR dan mohon untuk diabaikan karena berindikasi PENIPUAN.

Hotel

#1 Rocky Plaza Hotel Padang

Untuk kategori pembayaran pajak hotel tertinggi kota padang bulan Desember 2015.

Selengkapnya
Restoran

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak restoran tertinggi kota padang belum di set.

Hiburan

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak hiburan tertinggi kota padang belum di set.