Berita Detil

 
Pos Metro Padang • Kota Padang21 September 2015 - 07:28 WIB
Kejar Target Rp1 Triliun, Dipenda Padang Bentuk Super Team
Kita sekarang sudah membentuk super team untuk mencapai target Rp1 triliun pada akhir masa jabatan Walikota Padang pada tahun 2019 nanti
Kejar Target Rp1 Triliun, Dipenda Padang Bentuk Super Team

Reporter : - • Editor : Administrator

A+AAA-
 

PADANG, METRO–Semangat kuat untuk menghimpun PAD sebesar besarnya kini terpatri dalam diri setiap personel Dinas Pendapatan (Dipenda) Kota Padang. Di bawah kepemimpinan sosok cerdas Adib Alfikri, SKPD baru Pemko Padang ini sudah membentuk super team dalam rangka mencapai target PAD Rp 1 Triliun.

”Kita sekarang sudah membentuk super team untuk mencapai target Rp1 triliun pada akhir masa jabatan Walikota Padang pada tahun 2019 nanti. Target itu memang besar, tapi kita bertekad bisa mencapainya,” ujar Kepala Dipenda Kota Padang, Adib Alfikri saat berdiskusi dengan awak redaksi Posmetro, Padang Ekspres dan Padang TV di Graha Pena Padang, Jalan Adinegoro Padang, Kamis (17/9) lalu.

Ikut pula dalam diskusi tersebut, Sekretaris Dipenda, Yulfi Yendri, Kabid Pendataan dan Penetapan, Alfiadi, Kabid Pengendalian dan Pelaporan, Veri E Rinaldi, Kabid Litbang Peniliatian dan Pengembangan, Akmal, Kabid Penagihan dan Pengawasan, Firdaus.

Tim yang melibatkan seluruh bidang diharapkan fokus dan sungguh-sungguh mengelola pendapatan, kemudian membuat terobosan baru serta menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait. Menurut Adib, ada beberapa poin yang harus ditingkatkan dalam meningkatkan PAD dan sekaligus mencapai target yang telah ditetapkan wali kota.

Dan poin ini, terang dia, juga pernah dipaparkan pada di hadapan Tim Pansel Kepala Dipenda. Yakni, pembenahan SDM. Pembenahan ini, kata Adib, dilakukan dengan menyamakan visi dan persepsi. Untuk meningkatkan SDM, seluruh elemen Dipenda akan dilibatkan dalam sebuah outbound. Melalui agenda ini diharapkan bisa tercipta super team di Dipenda.

”Setiap hari harus ada perubahan. Kawan-kawan di Dipenda harus topcer. Harus kompak dan jemput bola,” ungkap Adib saat berdiskusi dengan  jajaran redaksi danusaha RPG Divre Padang.

Poin selanjutnya adalah pembenahan sistem dan administrasi di Dipenda Kota Padang. Menurut Adib, konsolidasi internal ini sudah dilakukannya sejak awal memangku jabatan sebagai Kepala Dipenda Kota Padang. Sementara, poin ketiga adalah menciptakan sinergitas dengan pihak ketiga.

Formula ini, terang Adib dapat dilakukan dengan wajib pajak, membentuk kemitraan semakin erat sehingga wajib pajak bisa mensosialisasikan tentang pajak kepada masyarakat lainnya. Selain itu, poin keempat adalah peningkatan koordinasi dengan SKPD terkait seperti perbankan dan instansi pajak vertikal.
Dan poin ke lima adalah kerja sama dengan tim ahli, masyarakat, media dan unsur-unsur lainnya.

”Semua poin ini telah saya bawa ke Pansel. Dan tentunya akan diterapkan dalam memimpin Dipenda ini,” ujar sosok yang juga pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Sumbar ini.

Tahun 2015 ini, terang dia, target PAD yang dibebankan pada Dipenda adalah sebesar Rp452 miliar. Untuk mencapai target Rp1 triliun di akhir masa jabatan Walikota Padang di tahun 2019 nanti, terang Adib memang sulit. Namun, target itu tak harus diposisikan sebagai beban, tapi sebagai pelecut semangat untuk bisa berbuat maksimal dalam peningkatan PAD.

Sementara, Kabid Pendapatan dan Penetapan, Alfiadi mengatakan, pajak adalah pungutan yang dipaksakan tanpa ada pelayanan langsung. Saat ini, ada 11 item pajak yang dipungut Dipenda Kota Padang. Namun, menurutnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak masih sangat rendah.

”Kita mengimbau masyarakat memahami pajak untuk pembangunan daerah. Maka taatlah membayar pajak,” ujarnya. (tin)

Berita Lainnya
 

Komentar Anda

Pimpinan
Agenda

Jum'at, 08 April 2016

  • • 
    Launching Website Resmi DIPENDA Kota Padang

Agenda Kegiatan Lainnya

Aplikasi
Pembayaran

Pembayaran Pajak Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Padang dapat melalui bank-bank berikut ini :

Pengunjung
  •   58279 Hits
  •   9685 Visitors
  •   2 Online
Media Sosial

Informasi Terbaru

Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014...

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Pad...

baca...
Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2014
tutup

30 September 2014 - 08:07 WIB

Ajang pemilihan Duta Pajak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang dalam rangka memperkenalkan pajak sejak usia dini kepada generasi muda. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan diharapkan menjadikan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Padanguntuk memotivasi generasi muda berperan aktif didalam pembangunan dari sektor pajak khususnya pajak daerah.

Pemko Luncurkan Pajak Online...

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak d...

baca...
Pemko Luncurkan Pajak Online
tutup

10 Februari 2014 - 08:06 WIB

Sekarang, membayar pajak bisa lebih mudah dan cepat. Pemko Padang mulai, Senin (18/3) secara resmi akan membuka pelayanan pembayaran pajak dengan sistem online. Wajib pajak cukup datang ke bank atau ke kantor pelayanan pajak online di DPKA Balai Kota Padang dan langsung menyetorkan pajaknya kepada petugas.

Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan...

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperi...

baca...
Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan
tutup

01 Januari 2014 - 08:04 WIB

Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan, menjual barang yang telah disita.

Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha ...

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Ke...

baca...
Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP Secara Jabatan atas Pengusaha Kecil PPN Tahun 2014
tutup

01 Januari 2014 - 08:00 WIB

Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2014 tentang Tata Cara Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Secara Jabatan atas Pengusa Kecil Pajak Pertambahan Nilai Tahun 2014, diumumkan kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT T...

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun paj...

baca...
Kantor Pelayanan Pajak Tetap Buka di Batas Akhir Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi
tutup

01 Januari 2014 - 07:54 WIB

Sehubungan dengan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi tahun pajak 2013 yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, Direktorat Jenderal Pajak tetap membuka pelayanan penyampaian SPT Tahunan melalui Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, khususnya pada tanggal 31 Maret 2014.

Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pa...

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Paja...

baca...
Indikasi Penipuan Terkait Permintaan Sumbangan Kepada Konsultan Pajak
tutup

01 Januari 2014 - 07:46 WIB

Sehubungan dengan adanya beberapa laporan dari Konsultan Pajak kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak mengenai adanya seseorang yang mengaku/ mengatasnamakan/ diperintahkan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana/ para pejabat di lingkungan Bagian Organisasi dan Tatalaksana untuk meminta sumbangan atau dana terkait dengan penyelenggaraan seminar perpajakan, dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR dan mohon untuk diabaikan karena berindikasi PENIPUAN.

Hotel

#1 Rocky Plaza Hotel Padang

Untuk kategori pembayaran pajak hotel tertinggi kota padang bulan Desember 2015.

Selengkapnya
Restoran

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak restoran tertinggi kota padang belum di set.

Hiburan

Data Belum Di Set

Untuk kategori pembayaran pajak hiburan tertinggi kota padang belum di set.